9 Destinasi Wisata Klaten Terbaru yang Harus Dikunjungi

Daya tarik Kota Klaten bagi wisatawan baik dalam maupun luar negeri tak diragukan lagi, banyak pertumbuhan dan pembangunan di wisata Klaten. Jadi, tak heran jika kota satu ini banyak bermunculan destinasi wisata yang indah dan ramai di Kota Klaten yang baru bermunculan.

Mengeksplorasi estetika Kota Klaten sangat mengasyikkan ada banyak hal-hal pengalaman baru yang akan kami dapatkan. Selain itu, kota Klaten menyimpan banyak destinasi wisata klaten terbaru yang wajib Kamu kunjungi saat berada di Klaten.

Klaten memiliki destinasi wisata banyak yang sangat indah terutama wisata sejarahnya yang memiliki kandungan edukasi kerajaan pada masa dahulu. Tak hanya itu Klaten mempunyai wisata air yang memadai indahnya dan tidak kalah menarik dengan kota-kota lainnya. Kali ini kami akan membahas beberapa tempat wisata klaten terbaru yang wajib Kamu kunjungi saat liburan ke Klaten dan berikut ulasan selengkapnya:

9 Destinasi Wisata Klaten Terbaru yang Harus Dikunjungi

1. Pabrik Gula Gondang Winangoen

Ketika ingin menjelajah kota Klaten bisa dimulai dengan menjelajah sejarahnya. Klaten mempunyai salah satu wisata sejarah yang prominen yakni Pabrik Gula Gondang Winangoen. Pabrik satu ini termasuk dalam pabrik gula yang paling tua di Indonesia dan dibangun ketika zaman penjajahan. Pengunjung akan disuguhkan dengan peralatan peralatan yang digunakan saat itu.

Baca Juga Wisata Pulau Jawa Lainnya:

Bisa dikatakan jika pabrik gula ini menjadi suatu museum yang mengasyikkan. Tidak hanya bisa menaikkan wawasan, wisatawan juga bisa bermain dengan keluarga. Karena saat ini sudah ditambahkan dengan beberapa sarana bermain yang mengasyikkan. Mulai dari permainan outbound, kereta uap yang berkeliling di tempat wisata, kids zone, waterpark sampai flying fox.

2. Lepen Kencono

Klaten termasuk dalam tempat yang mempunyai banyak sumber air di dalamnya. Sehingga bermain air di Klaten bisa dikerjakan di berbagai tempat, salah satunya di Lepen Kencono ini. Lepen Kencono merupakan sarana bermain yang sangat cocok di kunjungi dengan keluarga. Beberapa kolam renang dan permainan yang menopang turut dihadirkan.

Fasilitas seluncuran hingga jembatan goyang akan membuat liburan makin mengasyikkan. Airnya juga bersih dan jernih, mengajak siapapun yang berkunjung untuk tidakk melewatkan bermain air di Lepen Kencono ini. Alam sekitarnya yang masih asri juga menaikkan daya tariknya. Apalagi untuk bermain di sini, tidak dikenakan tiket masuk.

3. Desa Wisata Keprabon

Klaten tak hanya mempunyai banyak area indah, akan tetapi juga menjadi kota yang masih mempertahankan dan juga melestarikan hal hal tradisional. Termasuk didalamnya kerajinan tradisional sekalipun zaman yang sudah modern. Salah satu kerajinan yang khas dengan ukiran di tanduk kerbau. Dan Kamu bisa menemukannya di Desa Wisata Keprabon.

Hampir semua penduduk mempunyai keahlian untuk memproduksi kerajinan ini. Agar desa ini bergeser menjadi desa wisata yang mengundang banyak wisatawan. Kamu akan diajak untuk menyaksikan proses pembuatan kerajinan unik ini. Tidak ketinggalan, Kamu juga bisa sekalian berburu souvenir untuk dijadikan buah tangan.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan yang megah dan cantik ini sangat terkenal dengan web budaya dan sejarahnya pada masa kerajaan zaman dahulu. Estetika Candi Prambanan ini terkenal dan bisa menarik wisatawan lokal dan asing untuk berwisata dan belajar tentang sejarahnya.

Candi Prambanan ini berlokasi di wilayah Kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan Klaten dan kurang lebih 17 km dari Yogyakarta. Candi ini merupakan peninggalan bersejarah dan patut kami lestarikan keberadaannya dan kami bisa studi sejarah di tempat ini.

5. Candi Lumbung

Salah satu karakteristik khas yang sangat kental dengan peninggalan sejarah di pulau Jawa adalah berupa candi, seperti salah satunya dapat ditemui di Klaten yakni Candi Lumbung. Candi dengan tinggi 8 meter ini merupakan salah satu wisata Klaten murah bersejarah yang juga masih satu komplek dengan candi Prambanan.

Wisata Candi Lumbung adalah salah satu candi Budha yang berada di kompleks percandian Candi Prambanan, tepatnya di Dusun Tlogo, Kecamatan Prambanan. Candi ini masih terawat dengan baik dan lokasi ini selalu banyak yang singgah ke wisata bersejarah ini.

6. Candi Bubrah

Mengunjungi candi juga bisa dijadikan sebagai agenda liburan yang menggembirakan. Di Klaten, Kamu tidak hanya bisa menemukan Candi Prambanan yang lebih dulu prominen. Mengingat masih banyak web candi lainnya yang juga tak kalah menarik dikunjungi. Salah satunya adalah Candi Bubrah yang lokasinya cukup jauh dari Candi Prambanan.

Sekalipun masih dalam satu kawasan, dinamakan dengan sebutan Candi Bubrah karena memang candi ini hancur berantakan. Masih tersisa onggokan batu yang menjadi residu dari kaki candi. Dinding candi juga masih ditemukan, dan justru bebatuan antik yang menjadi material beri tambahan kesan yang eksotis.

7. Candi Gana

Klaten tidak hanya terkenal dengan banyak umbulnya akan tetapi juga terkenal dengan candinya. Tak sekedar di kawasan candi Prambanan, candi lainnya juga bisa ditemukan. Misalnya Candi Gana yang lokasi di tengah-tengah perkampungan. Sehingga wajar jika banyak yang belum mengenal Candi Gana atau yang juga dikenal dengan candi asu.

Merupakan peninggalan Buddha, candi ini memiliki kedudukan sebagai diskriminasi didalam konsep mandala pada agama Buddha. Memang candi ini sudah runtuh, tetapi kini sudah dikelola dan menjadi web site yang menarik dikunjungi. Terutama bagi Kamu yang memang tertarik dengan candi candi di Indonesia yang jumlahnya begitu banyak.

8. Candi Sewu

Wisata baru Candi sewu juga mempunyai sejuta estetika dan legenda yang pastinya akan membuat ilmu kami bertambah dan semakin meningkat. Candi Sewu punyai usia yang lebih tua dari Candi Prambanan maupun Candi Borobudur yang menjadi candi Buddha terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun kira-kira pada abad ke 8 Masehi dengan arsitektur unik yang merupakan perpaduan dari candi Hindu dan candi Buddha.

Lеtаk Cаndі Sеwu ѕеndіrі tеrlеtаk dі Dukuh Bener, Dеѕа Bugіѕаn, Kecamatan Prambanan, Kаbuраtеn Klаtеn. Terletak di sebelah Candi Prambanan, membuat kawasan ini menjadi terkenal, jarak yang ada kurang lebih 800 meter. Kawasan Candi Sewu mempunyai panjang 185 meter dan lebar 165 meter.

9. Candi Plaosan

Wisata Candi Plaosan merupakan candi Budha dengan kemuncaknya yang berbentuk stupa hal tersebut di perkuat dengan adanya arca Buddha. Candi Plaosan sendiri dibuka dari pagi hingga sore, karena keindahannya Candi Plaosan sunset dan Candi Plaosan sunrise menjadi pilihan tersendiri dan tentunya sangat memukau dengan latar belakang candi yang sangat megah.

Baca Juga:

Langit dengan semburan warna jingga ditambah udaranya yang dingin akan memberikan rasa bahagia dan semangat saat pagi hari tiba. Hal tersebut menjadikan lokasi ini sebagai area favorit untuk berfoto, tak sekedar di candi, pengunjung dapat laksanakan sesi foto di hamparan rumputnya yang hijau.

Demikianlah, ulasan yang membahas tentang destinasi wisata klaten terbaru yang wajib dikunjungi jika Kamu sedang berada di Klaten kunjungilah beberapa wisata di Klaten yang sudah disebutkan diatas.

Leave a Comment