10 Rekomendasi Wisata Kebumen Terbaru Untuk Mengisi Liburanmu

Jawa Tengah mempunyai banyak potensi wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya seperti tempat wisata Kebumen terbaru, yang menawarkan banyak pesona bagi siapa saja yang berkunjung untuk menikmati suasana alam yang tersaji.

Baik wisata alam ataupun buatan, wisata Kebumen terbaru memang menjadi tempat yang tepat  sebagai berlibur. Mulai dari pantai, gunung, sampai tempat wisata lainnya. Supaya kamu tidak bingung jika pergi ke Kebumen, mau berkunjung ke mana, maka penulis akan memberikan daftar tempat Wisata di Kebumen yang perlu Kamu kunjungi.

10 Rekomendasi Wisata Kebumen Terbaru Untuk Mengisi Liburanmu

1. Pantai Pecaron

Menjelajahi keindahan Kebumen bisa dilakukan dengan mengunjungi wisata lautnya yang luar biasa indah. Dan salah satu pantai yang  cocok dikunjungi adalah Pantai Pecaron. Pantai satu ini memang tidak memiliki tempat yang luas, tapi keindahannya tak kalah dengan pantai lainnya.

Baca Juga Wisata Pulau Jawa Lainnya:

Masih belum banyak yang mengenal pantai satu ini, sehingga masih asri dan alami. Untuk itu, maka sangat cocok bagi Kamu yang ingin mendapat ketenangan, dalam perjalanan liburan kali ini.

Deburan ombak a dengan pasir pantai yang lembut, menjadikannya begitu eksotis. Tebing dan bebatuan yang membingkainya, menambah daya tarik tersendiri pada pantai ini. Kamu bisa melakukan beragam aktivitas menarik, dan  jangan lupa berburu foto cantiknya.

2. Pantai Logending

Namanya adalah Pantai Logending. Pantai ini juga disebut sebagai pantai ayah, yang jadi salah satu destinasi wisata favorit keluarga di wilayah Kebumen. Di pantai ini, pengunjung bisa menikmati suasana alam yang masih asri, dengan berkeliling menggunakan perahu wisata.

Setidaknya ada 40 dengan dua kapasitas perahu  wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat lewat paguyuban. Yang Pertama berkapasitas 40 orang dan kedua 60 orang. Pantai Logending ini berjarak sekitar 53 km dari pusat kota Kebumen.

Rute layanan perahu wisata dari Pantai Logending ke tempat yang ada di dekat jembatan bodo ini, membatasi Kabupaten Kebumen dengan Kabupaten Cilacap, yang mempunyai jarak sekitar 13 km atau dengan waktu tempuh 20 menit.

3. Pantai Karang Agung

Tempat Wisata Terbaru di Pantai Karang Agung ini bisa dijadikan sebagai tujuan selanjutnya, jika masih ingin berburu wisata laut. Pantai ini terbilang berbeda dari yang lain, karena mempunyai daya tarik tersendiri. Jika  biasanya Kamu akan menemukan pantai yang berbatasan dengan air lautnya, maka di pantai Karang Agung ini, pengunjung akan bertemu dengan  ombak pantai yang bertemu langsung dengan bebatuan yang ada di sekitar pantai.

Bebatuan yang ada juga terlindungi, sehingga pantai ini masih terjaga kealamiannya. Suasananya juga sangat asri, sehingga menjamin pengunjung betah berlama lama di pantai ini. Jangan lupakan juga untuk mengabadikan tiap tiap peristiwa dengan kamera kesayangan Kamu.

4. Pantai Menganti

Masih seputar wisata pantai yang merupakan tempat wisata di Kebumen, dengan keindahan alamnya yang menjadi andalan. Pantai ini punya cerita unik yang berkembang dari dulu sampai sekarang, yakni dulu ada seorang panglima perang dari Kerajaan Majapahit, dan menjalin kisah dengan seorang perempuan tapi tidak direstui.

Di pantai ini lah mereka berjanji bertemu, tapi sepanjang hari sang panglima menanti dan kekasih hatinya tidak muncul. Lokasi Pantai Menganti ini berada di Desa Karangduwur.

5. Bukit Pranji

Menikmati pemandangan dari atas ketinggian memang mengasyikkan. Rasanya hati begitu tentram, saat menyaksikan betapa indahnya karya sang Maha Kuasa. Di Kebumen, Kamu bisa mengunjungi Bukit Pranji, bukit yang menawarkan panorama alam menakjubkan.

Pemandangan dari atas bukit yang disuguhkan, akan membuat Kamu berdecak kagum. Apalagi ketika Kamu berkunjung saat matahari akan ke peraduannya. Sunrise di bukit ini akan membuat siapapun rela untuk membayar mahal.

Ketika malam hari, Kamu akan disuguhkan dengan gemerlap lampu kota dari ketinggian. Panorama ini sangat cantik, terutama jika dipadukan dengan langit berbintang yang cerah.

6. Curug Silancur

Curug atau air terjun Silancur ini jadi andalan wisata Kebumen, yang sangat menarik hati wisatawan asing. Meski belum terlalu  ramai wisatawan, tapi soal keindahan tidak perlu dipertanyakan ulang.

Objek wisata Kebumen yang satu ini tidak pernah sepi, karena untuk mencapainya memang membutuhkan perjuangan ekstra. Bagi para penggemar alam, hal ini jadi tantangan tersendiri, karena lokasinya cukup memacu adrenalin.

Lokasi Curug Silancur ini berada di Dusun Pujegan Desa Wadasmalang, Karangsambung. Curug itu memiliki tinggi 20 meter lebih, dan jatuh pada batuan purba di bagian bawahnya.

7. Alian Butterfly Park

Tak sekedar punya wisata alam yang cantik, Kebumen juga menawarkan wisata edukasi yang tak kalah menarik dikunjungi. Singgah saja langsung ke Alian Butterfly Park, yang jadi wisata edukasi atraktif. Di wisata ini, Kamu bisa mengenal berbagai jenis kupu kupu, dan juga berbagai jenis bunga. Jenis yang beragam ini, akan menambah wawasan mengenai makhluk cantik satu ini.

8. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar ini menjadi Objek Wisata di Kebumen yang juga wajib untuk dikunjungi. Tak lain adalah karena memang goa ini menyimpan keindahan yang tak biasa. Memiliki tinggi sekitar 12 meter dan kedalaman atau panjang sekitar 250 meter.

Untuk bisa masuk ke dalam goa kapur ini diharuskan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp. 5000 saja. Goa Jatijajar berada di Kecamatan Ayah. Banyak wisatawan yang datang terutama mereka yang ingin mendapatkan objek foto indah.

9. Air Terjun Superman’s Big Sister

Air terjun yang satu ini menjadi destinasi wisata yang ada di dalam sebuah goa. Bisa membayangkan air terjun di dalam goa? Disinilah ada air terjun yang eksotis dan menghipnotis mata siapa saja yang melihat. Bahkan wisatawan yang datang juga bisa menjelajahi goa dengan pemandu plus adanya peralatan caving yang lengkap.

Wisatawan harus mengeluarkan biaya Rp. 180.000 per rombongan. Air Terjun Superman’s Big Sister ini berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. Letaknya tidak jauh dari goa Jatijajar sehingga bisa menjadi wisata lanjutan.

10. Puncak Gunung Duwur

Wisata berikutnya untuk mereka yang suka mendaki. Gunung ini memiliki tingi hanya 500 mdpl. Dari sini nanti pengunjung bisa melihat luasnya samudera Hindia yang terhampar di bagian selatan. Pemandangan yang begitu istimewa dan dihiasi dengan adanya pembatas berupa garis pantai dan cakrawala.

Sementara untuk mencapai puncaknya, setidaknya pengunjung harus trekking selama 1 jam melalui medan tanah yang berbatu. Sebab belum ada jalur pendakian resmi dan diharapkan untuk berhati-hati.

Baca Juga:

Puncak Gunung Duwur ini berada di Desa Watukelir, Kecamatan Ayah. Mereka yang pemula sebaiknya meninggalkan jejak atau tanda agar bisa menemukan jalan untuk kembali atau turun. Karena berlibur merupakan suatu kebutuhan yang juga penting, rencanakan liburan bersama keluarga di beberapa rekomendasi ini.

Tempat yang tak jauh dari rumah terutama yang ada di sekitar Kebumen. Menawarkan keindahan alam serta ciri khas dari masing-masing tempat wisata yang tergolong langka. Dan itulah rekomendasi wisata Kebumen terbaru. Tertarik berkunjung? Kira-kira mana tempat yang paling menarik hatimu? Tulis dikolom komentar, ya!

Leave a Comment