Ayo Berkunjung ke Tempat Wisata Pekalongan Terbaru

Jika mendengar nama Kota Pekalongan, pasti yang akan kamu ingat adalah batiknya. Ya, Pekalongan memang sangat identik dengan batik. Akan tapi, tak hanya identik dengan kekayaan budaya batiknya, Pekalongan juga mempunyai tempat-tempat wisata yang indah. tak hanya indah akan tetapi, pekalongan sudah merekomendasikan tempat wisata pekalongan terbaru yang harus kamu ketahui.

Nama Pekalongan berasal dari kata kalong, yang berarti kelelawar, tapi bukan berarti kota ini mempunyai banyak kelelawar. Nama itu diambil dari nama Bupati Kendal pertama yang bernama Raden Bahu sering melakukan tapa kalong, bertapa seperti kalong dengan posisi terbalik.

Di Kota Pekalongan ini terdapat banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa mengunjungi beragam tempat wisata dengan aneka keunikan dan ciri, baik bersama teman, saudara, atau keluarga.

Nah, untuk itu, pekalongan sendiri banyak sekali menyimpan destinasi wisata akan tetapi, pada kesempatan ini artikel akan mengulas wisata terbaru di pekalongan yang bisa kamu jelajahi. Berikut tempat wisata pekalongan terbaru yang bisa kamu kunjungi:

Ayo Berkunjung ke Tempat Wisata Pekalongan Terbaru

1. Wisata Batik

Pekalongan memang identik dengan batik, maka di sini kamu juga akan menemukan museum batiknya.  Dengan berkunjung ke museum ini, kamu bisa memperkaya pengetahuanmu tentang batik yang ada di Indonesia.

Baca Juga Wisata Pulau Jawa Lainnya:

Di dalam museum ini terdapat ratusan jenis batik dengan beraneka corak, baik batik antik maupun batik yang modern. Untuk masuk ke museum, kamu tidak perlu khawatir karena ada tiket masuknya, gara-gara biaya tiket masuk museumnya cukup murah.

2. Pantai Depok

Objek wisata baru ini merupakan tempat paling cocok untuk Kamu berwisata dengan keluarga tercinta. Tidak hanya tiket masuknya yang murah, tempat ini juga memiliki pemandangan yang indah dengan ditumbuhi pohon-pohon hijau di sekeliling pantai.  Ombak Pantai Depok tidak begitu besar, agar Kamu bisa bermain air ataupun pasir. Pohon nyiur tak sekedar tingkatkan estetika juga bisa sebagai tempat berteduh.

3. Wisata Watu Ireng

Wisata ini berada di Kandang Serang, dan tempatnya ada di suatu bukit dengan luas kira-kira 2 hektare. Di bukit tersebut terdapat banyak batu besar berwarna hitam, dan di atas bukit juga tumbuh semak belukar yang jika kamu injak akan berbunyi dung-dung seperti melodi gong.

Di tempat wisata satu ini ada banyak mitos yang beredar mengenai watu ireng. Dan syahdan, di puncak bukit ada mulut goa yang mengakses dengan dasar bukit dan di dalamnya ada seperangkat gamelan dan juga pasukan antik. Wаtu іrеng ini jugа sering dіgunаkаn untuk mеdіtаѕі.

4. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana merupakan pantai yang mempunyai pasir putih yang bersih. Banyak sekali kegiatan yang bisa Kamu lakukan disana seperti berenang dan melihat pertunjukan pagelaran bulanan. Tapi yang menjadi kegiatan favorit di tempat ini untuk menikmati matahari terbenam atau sunset dari jembatan cinta. Jika Kamu ingin datang ke pantai ini, Kamu harus menempuh jeda kurang lebih 20 menit dari Pekalongan.

5. Curug Bajing

Salah satu tempat wisata alam yang ada di Pekalongan adalah curug bajing, unik bukan namanya? Curug ini berada di ketinggian 1300 mdpl, sehinggaa kondisi di sana sangatlah sejuk dan segar. Air curug dengan ketinggian 70 meternya juga mengalir cukup deras, kamu tentu akan sangat betah berada di sini.

Kamu akan mendengar nada gemericik air yang merdu dan pastinya akan menambahkan rasa nyaman ketika kamu mendengarnya. Curug yang berada di Kecamatan Petungkriyono ini bisa kamu nikmati dengan jalan kaki kira-kira 300 meter terlebih dulu.

6. Gunung Regojembangan

Destinasi wisata ini merupakan tempat yang paling populer dikalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Gunung Regojembangan memiliki estetika yang tidak ada duanya, jadi sangat disayangkan jika Kamu datang kesana jika berada di Pekalongan. Wisata Gunung ini berada pada ketinggian 2117 meter diatas permukaan bahari dengan dua akses pendakian yaitu Kecamatan Petungkriono Kabupaten Pekalongan dan Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara.

Gunung Rеgоjеmbаngаn tidaklah lеbаr kіrа-kіrа ѕеlеbаr lapangan bаdmіntоn, уаng bеruра tanah dаn tаnра tumbuhаn. Lebih kurang 80 tahun yang lalu, puncak gunung ini agak konkaf ke dalam agar penduduk memberi nama Regojembangan yang mempunyai arti jambangan.

7. Pantai Slamaran Indah

Apakah kamu suka berwisata ke pantai, jika iya, pantai Samaran Indah yang berada di Pekalongan Utara ini bisa kamu jadikan sebagai rujukan. Pantai ini sangat identik dengan mitos Dewi Lanjar yang keratonnya dikatakan bahwa berada di Pantai Slamaran.

Maka ketika kamu berada di pantai ini, kamu akan menemukan beberapa wisatawan yang ingin melakukan beberapa ritual untuk menghormati Dewi Lanjar. Fasilitas pengunjung di sana sudah cukup memadai, jadi kamu  dapat berwisata dengan nyaman di pantai ini.

8. Bukit Pawuluhan

Bukit Pawuluhan merupakan tempat wisata yang paling populer dikalangan wisatawan. Disini Kamu bisa melihat golden sunrise atau berkemah untuk bisa menikmati indahnya pemandangan yang disuguhkan oleh alam Puluwuhan.

Untuk bisa hingga ke puncak Bukit Pawuluhan Kamu bisa menempuh jeda kira-kira 3 jam dari kota Pekalongan dengan menggunakan motor, karena transportasi yang bisa menuju kesana hanya kendaraan roda dua.

Di perjalanan menuju Bukit Pawuluhan Kamu akan melihat beragam pemandangan yang indah dan mempesona dari persawahan hijau, hutan yang masih asri dan alam Pekalongan yang mempunyai udara sangat sejuk. Jika Kamu beruntung, bisa melihat sekumpulan monyet liar yang bermain atau bergelantungan di pohon pinggir jalan.

9. Pantai Wonokerto

Jika hendak ke Pantai Wonokerto, kamu hanya perlu menempuh waktu kurang lebih 20 menit dari jalur Pantura. Jalanan menuju pantai ini juga sudah diaspal, kamu bisa ke sana dengan kendaraan roda dua atau pun roda empat. Tapi sayangnya ada beberapa jalan yang berlubang.

Di pantai Wonokerto ini kamu bisa menikmati pasir putih dan juga menikmati kondisi pantai dengan berlangsung-jalan di pinggir pantai. Jika ingin liburanmu lebih mengasyikkan, kamu bisa menaiki perahu dengan menyewa perahu milik nelayan yang ada di sana.

10. Mangrove Park Pekalongan

Mangrove Park Pekalongan merupakan salah satu tempat wisata Taman Mangrove yang cukup besar di Pekalongan. Keberadaan tempat ini sangat penting karena menjadi suatu dasar pembentukan rantai makanan dari ekosistem bahari dan menahan abrasi pantai.

Baca Juga:

Tempat ini merupakan salah satu upaya untuk mengajak penduduk untuk ikut mempertahankan dan melestarikan lingkungan. Tak hanya pemandangan yang indah, tempat ini juga mempunyai fasilitas lain yang bisa Kamu nikmati seperti shelter, jogging track, menara pkamung dan tempat pembibitan.

Nah, itulah tempat wisata pekalongan terbaru yang bisa kamu jelajahi dengan orang tercinta karena terdapat wisata terbaru tentunya akan memanjakan kamu dengan panorama keindahannya.

Leave a Comment