Rekomendasi Tempat Wisata Pangalengan Terbaru

Pangalengan merupakan kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Lokasi ini dikenal sebagai tempat perkebunan, peternakan dan pertaniannya, karena letak geografis yang sangat dekat dengan alam itulah, jangan heran jika banyak Tempat Wisata Pangalengan Terbaru.

Buat Kamu yang ingin menikmati keindahan dan kesejukan alam dataran tinggi, berikut rekomendasi Tempat Wisata Pangalengan Terbaru.

Rekomendasi Tempat Wisata Pangalengan Terbaru

1. Kampung Singkur

Kampung Singkur merupakan salah satu tempat wisata yang bisa Kamu kunjungi saat ke pangalengan. bukan hanya menikmati keindahan alamnya, lokasi ini juga memberikan bermacam sarana, seperti arung jeram, paint ball, flying fox dan tubung trip.

Baca Juga Wisata Pulau Jawa Lainnya Disini:

Asyiknya lagi, harga yang dibanderol untuk menikmati liburan disini juga lumayan murah. Karena harga masuknya hanya Rp. 20.000 per orang.

2. Perkebunan Teh Malabar

Lokasi wisata alam lain yang bisa Kamu nikmati saat pergi ke Pangalengan adalah perkebunan teh Malabar. Di sini, Kamu bisa melihat keindahan pohon teh seluas 2000 hektar, di atas ketinggian 1550 MDPL. Karena keindahannya, perkebunan Teh Malabar ini juga bisa dijadikan spot foto yang instagramable.

3. Perkebunan Teh Cukul

Kebun teh lain yang juga bisa Kamu kunjungi saat ke Pangalengan, Jawa Barat adalah Perkebunan Teh Cukul. Tak jauh dari perkebunan, ada suatu danau yang indah dan bisa dijadikan spot foto instagramable. Tidak hanya melihat hamparan kebun teh, di lokasi ini Kamu juga bisa berburu sunrise. Jadi, pastikan singgah di pagi hari ya.

4. Rumah Putih Cukul

Kawasan Cukul merupakan suatu kawasan yang memiliki bermacam objek wisata yang bisa Kamu nikmati. Bukan hanya karena perkebunan teh dan danau, di lokasi ini juga terdapat suatu Villa Jerman yang disebut sebagai rumah Putih Cukul.

Nama itu diambil karena bangunan rumah klasik ini, punya gaya arsitektur khas tradisional Eropa. Meskipun dibangun semenjak zaman Belanda, tetapi rumah ini masih berdiri kokoh sampai sekarang. Saat ini, rumah itu menjadi milik perusahaan Teh Sosro, dan sering dijadikan lokasi syuting beberapa film horor Indonesia.

5. Curug Penganten

Pangalengan juga punya tenpat wisata alam lain berupa air terjun, yaitu Curug Penganten. Sebutan itu mempunyai arti air terjun pengantin di dalam bahasa Sunda. Penduduk setempat memberikan nama itu, karena ada dua aliran air terjun yang saling berdampingan, seperti sepasang pengantin di pelaminan.

Air sungai disini sangat bersih dan jernih, sehingga Kamu tidak perlu ragu untuk berendam sambil menikmati kesegaran udara dan juga memandangi keindahan pepohonan yang menghijau.

6. Curug Ceret

Selain curug penganten, Pangalengan juga punya tempat  wisata air terjun lain, yaitu Curug Ceret. Nama ini diambil dari Bahasa Sunda yang artinya air terjun yang menyiprat, karena selalu membasahi jalanan dekat kawasan PLTA Indoensa Power, Desan Plengan.

Air terjun setinggi 5 meter ini sangat indah saat matahari sedang cerah, dan memantulkan cahayanya di atas aliran air, sehingga menghasilkan pelangi mini. Keindahan pelangi dan kejernihan airnya membuat Curug Ceret semakin indah. Tak heran, jika lokasi ini dijadikan sebagai tujuan wisata di Pangalengan.

7. Situ Cileunca

Objek wisata lain di Pangalengan yang bisa Kamu kunjungi selanjutnya adalah Situ Cileunca. Danau buatan seluas 1400 hektar ini, merupakan salah satu tempat favorit para wisatawan saat singgah ke lokasi ini.

Salah satu spot paling terkenal di lokasi ini adalah Jembatan Cinta, dan sering dijadikan tempat untuk berfoto oleh para wisatawan. Para pelancong yang singgah juga tidak harus merogoh kocek yang dalam, karena  tiket masuk per orangnya hanya, Rp. 5000. Sehabis itu, Kamu bisa menikmati beragam sarana, termasuk keindahan perkebunan arbei dan jeruk.

8. Sungai Palayangan

Pengagum arung jeram wajib berkinjung ke Sungai Palayangan yang ada di Pangalengan, Jawa Barat. Tempat rafting di sungai yang mengalir dari Situ Cileunca ke Hutan Pinus Rahong ini, memiliki taraf kesulitan yang beragam.

Sungai yang berada di ketinggian 1.200  MDPL ini, cocok bagi kalangan pemula ataupun yang sudah mahir di dalam arung jeram. Kelebihan rafting di sungai ini adalah tepi sungainya merupakan kawasan hutan dan kebun. Mulai dari hutan pinus, kebun teh, dan kebun sayur-sayuran, akan menemani sepanjang perjalanan menyusuri sungai.

9. Hutan Pinus Rahong

Hutan wisata berupa pepohonan pinus ini sudah jadi destinasi wisata populer di Pangalengan, Bandung, sejak beberapa tahun lalu. Suasananya yang sejuk dengan panorama alam yang memukau, membuat pengunjung betah berlama-lama.

Tak hanya itu, pepohonan di tempat resapan air ini dimanfaatkan getahnya, dan batang kayunya untuk pembuatan tripleks. Jika beruntung, Kamu bisa melihat aktivitas petani pinus sambil menikmati keindahan atmosfer hijaunya.

10. Penangkaran Rusa Kertamanah

Saat berkunjung ke Pangalengan, jangan lupa untuk berkunjung ke Penangkaran Rusa Kertamanah. Tempat wisata ini sangat cocok untuk Kamu dan keluarga yang ingin bersantai di kawasan dataran tinggi.

Penangkaran yang berlokasi di kawasan Kertamanah ini menjadi habitat bagi sekumpulan populasi rusa. Di sini, Kamu bisa menyaksikan dan berbaur langsung dengan para rusa. Selain berinteraksi dengan Rusa, kawasan yang masih ada di dalam Taman Hutan Raya Juanda ini memiliki pemkamungan hijau yang menyegarkan mata dan hati.

Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, seperti bermain futsal, arung jeram, flying fox, ATV circuit, hingga berkemah.

11. Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang terletak di tempat yang cukup indah karena dikelilingi oleh hutan pinus, kaliandra dan perkebunan lainnya. Tempat wisata terbaru ini juga terbilang sangat bagus, Karena selain menyediakan kolam air panas, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk gasibu untuk beristirahat dan juga tempat penitipan barang. Jadi, Kamu tidak perlu khawatir saat berkunjung ke tempat ini ya. Karena sangat aman dan juga menyenangkan.

12. Gunung Artapela

Gunung yang telah berstatus tidak aktif ini memiliki ketinggian 2.194 meter di atas permukaan air laut. Destinasi ini menjadi pilihan favorit di kalangan pendaki pemula. Meski tidak begitu tinggi untuk didaki, Gunung Artapela menawarkan pemkamungan yang begitu indah.

Terdapat kawasan padang rumput dan Danau Aul yang menjadi spot favorit di gunung ini. Momen matahari terbit dan matahari senja juga menjadi hal yang selalu ditunggu-tunggu saat melakukan pendakian di sini.

Baca Juga:

13. Gunung Wayang

Gunung wayang merupakan destinasi wisata di Pangalengan yang tidak boleh Kamu lewati. Saat akan mendaki gunung ini, Kamu akan dimanjakan dengan keindahan kebun teh milik warga sekitar. Untuk mencapai puncaknya, Kamu harus mendaki selama dua jam.

Namun, selama proses pendakian, sebaiknya Kamu berhati-hati ya. Karena medan yang dilewati sangat curam, sehingga rawan terpeleset atau jatuh. Itulah tempat wisata Pangalengan terbaru. Jika Kamu berkenjung ke Jawa Barat, maka jangan sampai melewatkan untuk berwisata ke tempat ini. selamat berlibur!

Leave a Comment