Tempat Wisata Kaliurang Terbaru yang Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga

Jika Kamu punya planning liburan ke Kaliurang, tetapi masih bingung mau berkunjung ke tempat wisata mana aja, maka artikel ini akan memberikanmu rekomendasi wisata Kaliurang terbaru.

Tempat ini memang banyak menyimpan pemandangan eksotis, jadi jangan heran, jika tempat wisata Kaliurang terbaru banyak bermunculan. Lalu, apa saja tempat wisata itu. berikut kita ulas secara singkat tempat wisatanya yang Paling Direkomendasikan:

Tempat Wisata Kaliurang Terbaru Yang Cocok Untuk Liburan Bersama Keluarga

1. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi (Mgm) yang terletak di kawasan lereng selatan merapi Yogyakarta, merupakan salah satu kawasan wisata, yang diharapkan bisa menjadi sarana edukasi konservasi yang berkelanjutan dan juga pengembangan pengetahuan kebencanaan gunung api, gempa bumi, dan petaka alam lainnya. Obyek wisata ini diresmikan pada tanggal 1 Oktober 2009, oleh Bapak Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Esdm), Purnomo Yusgiantoro.

Baca Juga Wisata Pulau Jawa Lainnya Disini:

2. Blue Lagoon Jogja

Pemandian Tirta Budi atau yang lebih dikenal dengan Blue Lagoon, merupakan salah satu tempat wisata pemandian yang terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta. Jika Kamu tertarik untuk mengunjungi, kamu tidak akan kerepotan mencari lokasinya, karena tidak begitu sulit untuk dicari. Jika Kamu berangkat dari arah Jogja, Kamu cukup mengarahkan kendaraan Kamu ke jalan kaliurang yang berada di sebelah Utara Kota Jogja.

3. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri Kaliurang adalah salah satu tempat wisata terbaru yang menarik, karena tempat wisatanya merupakan perpaduan antara wisata air dan wisata alam, yang dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Sleman, Yogyakarta. T

logo Putri Kaliurang merupakan suatu embung, yang dilengkapi dengan persewaan kano dan bebek air. Di kawasan wisata ini, juga terdapat beberapa sarana permainan yang unik disekitar seperti, jungkat jungkit, flying fox, bianglala, ayunan dan beberapa permainan lainnya.

4. Air Terjun Tlogo Muncar Kaliurang

Air Terjun ini cukup tinggi, sekitar 30 – 45 meter. Sumber dari aliran Air Terjun Tlogo Muncar ini  berasal dari lereng bukit plawangan, yang merupakan salah satu bukit di Gunung Merapi. Tetapi, karena Gunung Merapi ini merupakan gunung yang gersang, sehingga jarang adanya vegetasi tumbuhan, dan membawa dampak debit Air Terjun ini sangat sedikit, apalagi saat kemarau panjang, Air Terjun ini bisa jadi kering tanpa air.

5. Museum Ullen Sentalu

Kali ini kita akan membahas terkait museum yang ada di Sleman Yogyakarta, disana terdapat salah satu museum terbaik di Indonesia, namanya adalah Museum Ullen Sentalu. Tak hanya menikmati keunikannya, disana Kamu bisa menambah pengetahuan tentang seni dan budaya jawa, khususnya dari masa kerajaan mataram.

6. Wisata Edukasi Omah Salak

Salak Pondoh sudah lama jadi buah andalan khas Kota Yogyakarta, untuk mengetauhi proses panen sampai menikmati aneka olahan salak, wisata edukasipun di kembangkan di Turi kabupaten Slaman, Yogyakarta.

Semenjak tahun 70-An wilayah Turi yang terletak di lereng Gunung Merapi Sleman, sudah terkenal sebagai penghasil salak, karena tanahnya yang berpasir sangat cocok bagi tanaman ini untuk tumbuh.

7. Wisata Lereng Gunung Merapi

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi, dimana pada saat itu, kabut belum turun untuk menyelimuti keindahan dan kegagahan Gunung Merapi. Dan waktu yang benar-benar tepat untuk menikmatinya adalah jam 07.00.

Kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dari berbagai posisi disekitar lereng Gunung Merapi, seperti dari kabupaten Sleman, Magelang, Klaten dan Boyolali. Tapi jika Kamu berasal dari Kota Yogyakarta, Kamu bisa menikmati pemanadangan ini dari salah satu kawasan wisata yang ada di kabupaten Sleman, seperti kawasan wisata Kaliadem.

8. Kawasan Wisata Kaliurang

Kaliurang merupakan kawasan wisata yang terletak di kaki Gunung Merapi, yang memiliki suasana alam yang sangat sejuk. Kawasan wisata ini berada di sebelah utara Kota Yogyakarta, dengan jarak sekitar 35 kilometer. Karena, lokasinya yang tidak jauh berasal dari Kota Yogyakarta, membuat kawasan Wisata Gunung Merapi sebagai salah satu alternatif wisata yang memacu adrenalin.

9. Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang

Desa Wisata Sambi adalah salah satu desa alami yang ada di Yogyakarta, desa ini berlokasi di jalan Kaliurang Km. 19,2, padukuhan Sambi, desa Pakembinangun Kec. Pakem, Kabupaten Sleman. Desa wisata ini punyai berbagai macam potensi wisata, yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.

10. Desa Wisata Pulesari

Desa wisata ini merupakan kawasan pedesaan, yang dibangun jadi wahana wisata yang berkonsep Go Green, atau Back to Nature, dengan tradisi dan budaya yang masih terjaga dengan baik.

11. Goa Jepang Kaliurang

Wisata Goa Jepang yang terletak di lereng Gunung Merapi kawasan wisata kaliurang ini, adalah salah satu goa buatan peninggalan pada jaman penjajahan Jepang. Goa Jepang ini dibangun sekitar tahun 1942-1945, yang mempunyai fungsi sebagai tempat persembunyian para tentara Jepang dari sekutu.

12. Desa Wisata Pentingsari

Desa wisata Pentingsari adalah salah satu desa wisata yang ada di Yogyakarta, terletak di Kabupaten Sleman tepatnya di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan. Secara geografis, desa wisata Pentingsari berada di bawah kaki gunung Merapi, membuat desa ini selalu di selimuti hawa sejuk baik siang atau pun malam.

13. Bukit Kali kuning

Bukit Kali Kuning merupakan tempat menarik yang terdapat di sekitar lereng gunung Merapi yang mempunyai panorama yang sangat menarik. Lokasi bukit ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan berkemah, camping ataupun outbond training. Wisatawan dapat melihat pemandangan di sekitar tempat ini dihiasi oleh tebing bebatuan andesit yang sangat menawan dan berlatar belakang gunung Merapi yang terlihat jelas.

14. Bunker Kaliadem

Bunker Kaliadem merupakan sebuah benteng pertahanan dari awan panas merapi. Saat ini Kaliadem menjadi sebuah lokasi wisata yang memungkinkan Kamu untuk melihat keindahan Gunung Merapi dan jejak ganasnya letusan gunung merapi pada tahun 2006 lalu.

15. Bukit Klangon

Bukit Klangon merupakan sebuah gardu pandang untuk menikmati gagahnya gunung Merapi, disini pengunjung akan di suguhi panorama hutan belantara hijau yang dapat menyejukan mata. Banyak pengunjung yang mengabadikan pemandangan dengan berselfie di gardu pandang tersebut.

16. Batu Alien Cangkringan

Batu Alien merupakan sebuah batu besar yang mirip dengan kepala Alien. Terletak persis ditepi bantaran sungai Gendol dengan tebing yang curam. Namun disini ada juga sebuah gardu pandang yang memiliki pemandangan menakjubkan, sangat sayang jika kamu lewatkan.

17. Stonehenge Cangkringan

Stonehenge merupakan situs prasejarah peninggalan manusia purba jaman dahulu berbentuk monumen. Terdiri dari batu batuan besar yang ditata dan ditumpuk di tengah lapangan dan disusun secara melingkar.

Baca Juga:

Nah, di Stonehenge Cangkringan Sleman ini menyerupai Stonehenge di luar negeri sana. Kemiripannya menjadikan spot Stonehenge  ini menjadi magnet bagi para pengunjungnya. Tak perlu jauh jauh ke luar negeri untuk berfoto ala Stonehenge di Inggris.

Dan itulah beberapa tempat wisata di Kaliurang. Wahananya semuanya sangat menarik bukan. Maka jika kamu berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan berwisata ke tempat ini, ya!

Leave a Comment