Sungai Cerekang dan Menu Gorengan yang Wajib Dicicipi

Sulawesi Selatan mempunyai beragam tempat wisata yang bisa dikunjungi masyarakat. Dimana tempat yang dimaksud yakni Sungai Cerekang yang berlokasi di Kota Makassar atau Ibu Kota dari Provinsi Sulsel ini. Setiap hari banyak yang mengunjungi sungai ini.

Memang banyak yang berkunjung ke sungai ini sebab sungai tersebut dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat. Bahkan seseorang juga dapat mengunjungi sungai ini di malam hari. Pemandangan di malam hari pun tidak jauh lebih indah dari keindahan di pagi hari.

Mengenal Sungai Cerekang

Nama dari sungai ini tentunya masih banyak yang tidak mengenalnya. Seperti yang diketahui bahwasanya di hamparan sungai ini sangat identik dengan minuman sarabba  yang begitu nikmat. Dimana minuman ini terbuat dari bahan dasar berupa jahe dan gula merah.

Baca juga Wisata Pulau Sulawesi lainnya:

Rasanya memang begitu nikmat apalagi jika sarabba panas dinikmati pada malam hari bersama teman. Sangat cocok untuk menghangatkan tubuh dari rasa dingin yang menyusup. Bukan hanya minuman tersebut saja namun juga ada makanan yang berupa gorengan disediakan.

Dengan begitu, pengunjung bukan hanya sekedar minum sarabba  saja namun bisa dinikmati dengan gorengan. Banyaknya jenis gorengan yang disediakan tentu menjadi teman untuk menikmati secangkir minuman tersebut. Harganya pun tentu cukup terjangkau untuk dinikmati para pengunjung.

Mengenai jam buka dari tepi sungai ini tentunya dibuka setiap hari untuk pengunjung. Jam bukanya pun cukup lama yakni dari jam 05.45 pagi hingga dengan jam 22.00 malam. Dengan begitu, pengunjung bebas untuk datang ke tempat ini sekedar melakukan refreshing atau lainnya.

Menu Gorengan yang Disediakan

Memang benar jika Sungai Cerekang bukan hanya menyediakan minuman khas saja namun juga menyediakan gorengan yang dapat dinikmati. Dimana menu gorengan yang disediakan tentunya akan dijelaskan pada pembahasan berikut ini:

1. Ubi Goreng

Untuk membuat menu jajanan yang satu ini tentu bisa terbuat dari ubi jalar atau ubi kayu. Rasanya tentu sangat enak untuk dinikmati di malam hari. Apalagi ubi goreng ini dilengkapi dengan sambal khas yang dibuat oleh penjual sehingga menambah rasa nikmat tersebut.

2. Bakwan

Gorengan ini banyak dikenal masyarakat karena rasanya yang begitu khas. Pada dasarnya, gorengan ini terbuat dari bahan utama tepung terigu, kol, dan berbagai bahan lainnya. Selain itu, gorengan ini juga sangat cocok dimakan dengan sambal.

3. Pisang Goreng

Tidak kalah lezatnya untuk dimakan sembari meminum sarabba adalah pisang goreng. Tentu tidak bingung lagi mengenai apa bahan dasar dari pisang goreng ini. Terbuat dari pisang yang biasanya dibelah menjadi 2 bagian dan dibaluti dengan tepung sebelum digoreng.

4. Tempe Goreng

Ada juga jajanan berupa tempe goreng yang begitu kriuk saat dimakan. Tempe goreng ini memang lezat untuk dinikmati pada malam hari bersama dengan minuman sarabba. Meskipun ada juga minuman lain yang disediakan oleh penjual di pinggir sungai ini.

5. Jalangkote

Makanan khas yang satu ini tentu tidak boleh terlupakan untuk dinikmati. Dimana jalangkote ini mempunyai bentuk layaknya pastel dengan isian beragam. Biasanya isian dari makanan ini seperti mie, wortel, toge, dan lain-lain sehingga memberikan rasa yang lezat.

Penginapan yang Terdapat di Sekitar Sungai Cerekang

Apabila ingin menikmati pemandangan indah Sungai Cerekang ini pagi hari, pengunjung tentu perlu untuk menginap di hotel sekitar.  Memang penginapan yang terdapat di sekitar sungai yakni berupa hotel. Adapun nama dari hotel tersebut akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Homestay Kelara

Untuk menginap di Homestay Kelara ini tentunya tidak perlu menyediakan biaya yang banyak. Karena biaya untuk menginap di hotel ini tentunya tidak terlalu mahal. Selain itu, beragam fasilitas yang disediakan untuk digunakan nantinya oleh para pengunjung hotel.

Lokasi hotel ini tidak jauh dari sungai tersebut yakni hanya 0,2 kilometer saja. Mengenai fasilitas yang ditawarkan pun cukup beragam yakni adanya WiFi yang dapat dinikmati secara gratis. Begitu pun dengan lahan parkir yang tersedia juga dapat digunakan secara gratis.

Dalam kamar hotel ini terdapat sebuah fasilitas seperti TV dengan layar datar, tempat tidur, toilet, dan juga AC. Fasilitas yang diberikan ini sebagai penunjang untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Olehnya itu, banyak yang memilih menginap di hotel ini.

2. OYO 90394 Guest House Sentosa

Hotel yang satu ini sebagai tempat untuk menginap tentunya menawarkan harga mulai dari Rp230.000 per malam. Memang harga yang tidak terlalu mahal dengan fasilitas lengkap yang diberikan. Dalam kamar hotel tentunya terdapat tempat tidur dengan ukuran besar atau dua orang.

Selain itu, terdapat pula toilet yang begitu bersih sehingga menambah kenyamanan bagi para pengunjung. Ada juga fasilitas lain yang ditawarkan oleh hotel ini seperti WiFi yang bisa digunakan secara gratis. Begitu pun dengan tempat parkir yang sudah disediakan untuk pengunjung.

Sedikit informasi bahwa hotel ini berlokasi di Jl. Jendral M. Yusuf tepatnya No. 97 Kota Makassar. Apabila ingin berkunjung ke hotel ini dari Sungai Cerekang, seseorang tidak perlu menempuh waktu yang lama. Karena hotel ini dekat dengan sungai tersebut.

3. Karebosi Premier Makassar

Memiliki lokasi yang sama dengan hotel sebelumnya sehingga membuat jarak tempuh yang dapat digunakan tidak terlalu jauh dari sungai. Hotel Karebosi Premier Makassar ini banyak dijadikan pilihan untuk menginap sebab pemandangan di malam hari yang begitu indah.

Hal ini dikarenakan lokasi dari hotel tersebut berada di kota sehingga dapat menikmati kerlap kerlip lampu kota. Selain itu, hotel ini juga menyediakan restoran untuk membeli makanan berat sebelum ke hamparan sungai. Karena di hamparan sungai tidak menyediakan makanan berat.

Untuk itu, banyak yang memilih hotel ini untuk dijadikan sebagai tempat penginapan jika ingin menikmati sunrise di tepi sungai. Karena untuk melihat sunrise tentu harus datang pada pagi hari atau saat terbit fajar. Jika siang hari, pengunjung sudah tidak bisa menikmati sunrise.

4. Sweet Homestay

Untuk berkunjung ke penginapan ini, lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Sungai Cerekang. Dimana lokasi yang ditempuh hanya 0,48 kilometer saja dan tentu lokasi tersebut tergolong dekat. Banyak juga yang menjadikan hotel ini sebagai tempat untuk menginap.

Selain dekat dengan sungai juga dekat dengan Pantai Losari yang banyak juga dikunjungi masyarakat. Adapun terkait fasilitas yang ditawarkan tentunya tidak jauh berbeda dengan fasilitas dari hotel lain. Dimana fasilitas yang dimaksud seperti jaringan WiFi untuk mengakses internet.

Ada juga area parkir yang begitu luas untuk digunakan menyimpan kendaraan yang dimiliki. Memang lokasi hotel ini dianggap cukup strategis karena berdekatan dengan pantai dan sungai yang bisa dikunjungi. Biaya sewa hotel pun cukup terjangkau sehingga hemat biaya.

Baca juga:

Demikian penjelasan terkait dengan gorengan yang bisa dicicipi di hamparan Sungai Cerekang dengan minuman khasnya yakni sarabba. Selain itu, banyaknya lokasi penginapan yang ada di sekitar pantai tentu memudahkan seseorang jika ingin menginap untuk menikmati sunrise.

Leave a Comment