Berwisata Alam ke Pulau Manado dengan Sejuta Keindahannya

Jika sedang berwisata ke Pulau Sulawesi, tak lengkap rasanya jika tidak melakukan wisata alam. Tentu saja karena Sulawesi sangat terkenal dengan wisata alamnya, terutama pantai. Salah satu yang tak boleh dilewatkan adalah Pulau Manado Tua, yang ada di wilayah Bunaken. 

Seperti pulau wisata lainnya, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan yang pastinya tidak mengecewakan. Tenang saja, tidak hanya suguhan pemandangan yang akan didapatkan oleh pengunjung. Simak selengkapnya tentang Pulau Wisata Manado Tua dalam pembahasan berikut ini:

Sekilas Tentang Pulau Nan Indah Manado Tua

Membicarakan tentang Taman Nasional Bunaken yang dibanggakan oleh Sulawesi, tak lengkap jika tak membahas Pulau Manado Tua. Wilayah ini juga berada masih menjadi bagian dari Taman Nasional Bunaken. Mungkin memang banyak yang belum mengenalinya sebagai pulau wisata tersendiri.

Pulau ini menawarkan banyak spot yang indah dengan pemandangan alamnya yang terasa sangat luar biasa. Hal ini didukung dengan faktor keberadaannya yang di dalam Taman Nasional Bunaken yang sangat dijaga. Dengan begitu, pulau wisata yang satu ini tetap terjaga kebersihan dan keindahannya.

Sejak dahulu, pulau ini telah disebutkan dalam sejarah sebagai pusat Kerajaan Babontehu. Beberapa penulis sejarah asing menyebutkan wilayah ini dalam tulisan sejarahnya. Pemerintah Sulawesi sendiri kini telah menetapkan Manado Tua sebagai pulau wisata di bagian dari Taman Nasional Bunaken. 

Baca juga Wisata Pulau Sulawesi lainnya:

Pulau wisata yang satu ini berada terpisah dari pulau utama Sulawesi. Seperti pulau lain yang menjadi pulau wisata, akomodasi pelayaran bisa digunakan dan didapatkan dengan mudah. Karena wisata ini berupa sebuah pulau yang kecil, sudah pasti wisata yang disajikan adalah wisata pesisir.

Informasi Seputar Wisata

Sebelum mengunjungi sebuah tempat wisata, sangat direkomendasikan untuk melihat informasi seputarnya. Hal ini bertujuan agar kunjungan ke tempat wisata bisa dilakukan pada waktu yang tepat. Seperti informasi singkat seputar Pulau Manado Tua berikut ini yang juga bisa membantu memperkirakan pengeluaran:

1. Lokasi Pulau Wisata Manado Tua

Pulau ini memiliki lokasi yang masih berada dalam wilayah Taman Nasional Bunaken. Jika ingin mengunjunginya, maka pengunjung harus melakukan pelayaran singkat dengan kapal cepat. Pelayaran untuk menuju ke Manado Tua akan berlabuh di Pelabuhan Manado. 

Pulau Manado Tua terhitung dekat dibandingkan dengan pulau lainnya. Bahkan, pulau ini bisa terlihat dari Pelabuhan Manado, Pantai Malalayang, dan Monumen Yesus Memberkati yang berada di seberang lautan. Tak heran jika waktu tempuhnya hanya beberapa menit saja dari Pelabuhan Manado.

2. Cara Mencapai Lokasi

Karena lokasi ini berada di seberang pulau utama Sulawesi, maka pengunjung akan harus melakukan pelayaran singkat. Semua kegiatan pelayaran ke seluruh pulau di Taman Nasional Bunaken dimulai di Pelabuhan Manado. Termasuk juga untuk wisata ke Manado Tua ini.

Nantinya, di pelabuhan banyak kapal cepat yang sudah menunggu untuk bisa dinaiki. Satu kapal cepat ukuran sedang bisa membawa hingga 8 orang sekali berangkat. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan mendapatkan suguhan pemandangan lautan yang sangat indah.

3. Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati wisata di pulau ini, pengunjung harus melakukan pembayaran tiket masuk. Tiket masuk akan diberikan dan di bayar di loket masuk Taman Nasional Bunaken. Untuk wisatawan domestik, biaya masuknya sangat murah yaitu 50 ribu rupiah dan 150 ribu rupiah untuk wisatawan mancanegara.

Selain itu pengunjung juga akan dikenakan biaya untuk transportasi berupa kapal cepat. Setiap orang harus membayar sebesar 25 ribu rupiah untuk sekali perjalanan. Pembayaran ini belum termasuk tiket wisata tambahan ya. Setiap jenis wisata yang dinikmati akan dikenakan biaya masing-masing.

Nikmati Ini di Manado Tua

Tidak hanya pemandangan alam yang Indah, sebagai pulau wisata Pulau Manado Tua memiliki berbagai hal yang bisa dinikmati. Bahkan, 2018 lalu pulau ini telah mendapat predikat ‘destinasi unggulan’ di pulau Sulawesi. Karenanya, jangan lewatkan hal-hal dibawah ini selagi di Manado Tua:

1. Diving di Pantai yang Jernih

Wisata ke pesisir tak lengkap jika melewatkan pesona bawah laut. Karenanya, saat sudah berada di Manado Tua, sempatkan untuk melakukan diving atau sekedar snorkeling. Pengunjung dijamin tidak akan kecewa dengan pemandangan bawah laut Manado Tua.

Perairan lautan di Taman Nasional ini sangat terjaga kebersihannya. Maka dari itu, pengunjung tentunya bisa melihat berbagai biota laut dengan jelas. Diving, atau sekedar snorkeling, keduanya bisa menjadi pilihan tepat untuk menikmati lautan Bunaken.

2. Menikmati Pemandangan Alam 

Jika pergi berwisata alam, tentu yang tidak boleh dilewatkan adalah pemandangannya. Seperti Pulau Wisata Manado Tua yang diciptakan Tuhan dengan pemandangan nan indah. Pengunjung bisa menikmati pemandangan yang hebat dengan ditemani dengan semilir angin pantai Manado Tua.

Jika sudah berada di tempat dengan pemandangan yang ciamik, satu hal yang tak boleh terlewat, ya, berfoto ria. Karena berfoto sudah tentu gratis dan menyenangkan. Siapkan saja memori yang besar karena spot foto yang tentu sedap dipandang mata di Manado Tua takkan ada habisnya.

3. Berjalan-Jalan di Hutan Bakau

Karena letaknya yang dikelilingi dengan lautan, pulau wisata Manado Tua ini juga memiliki hutan bakau di sekelilingnya. Tumbuhan Bakau ini juga merupakan upaya konservasi dari Taman Nasional Bunaken. Tanaman Bakau yang ditanam disini menjadi upaya penyeimbangan ekosistem.

Karena Manado Tua sudah menjadi pulau wisata maka, meski bakau menjadi upaya konservasi, tetap saja hutan bakau ditata dengan apik. Bahkan, pengguna sudah bisa menyusuri jembatan kayu sepanjang hutan bakau ini. Tentunya ini akan menjadi pilihan kegiatan yang menyenangkan.

4. Berinteraksi dengan Penduduk Laut

Tak hanya snorkeling dan diving yang bisa dilakukan pengunjung untuk menikmati keindahan laut. Pengunjung bahkan bisa melakukan interaksi dengan penduduk laut lainnya berupa lumba-lumba. Hewan ini masih banyak ditemukan di sekitar pulau.

Biasanya beberapa dari mereka bahkan menunjukkan diri sejak pengunjung masih di perjalanan dengan kapal cepat. Lalu, jika waktunya tepat, pengunjung bisa melihatnya dari dekat. Beberapa dari mereka telah terbiasa dengan manusia jadi bahkan mereka akan menghampiri manusia.

5. Mengunjungi Berbagai Pulau

Manado Tua ternyata tak hanya terdiri dari satu pulau saja. Manado Tua juga memiliki bagian-bagian berupa pulau yang lebih kecil lagi di sekelilingnya. Pulau tersebut tak berpenghuni, namun pengunjung bisa memilih untuk mengunjunginya sebagai bagian nari wisata Manado Tua.

Selain itu, Taman Nasional Bunaken tersusun dari berbagai pulau kecil. Tentunya pulau-pulau tersebut sangat menarik untuk dikunjungi. Karenanya, sempatkan untuk melakukan perjalanan mengitari pulau-pulau. Kegiatan ini bisa didukung dengan membayar biaya tambahan sewa kapal cepat.

6. Melakukan ‘Nyare’ untuk Bertemu Yaki

Manado Tua memiliki fauna khasnya yaitu kera hitam yang dinamakan Yaki. Kera ini sangat banyak ditemukan di pulau ini. Hanya saja, jika mencarinya di siang hari, hasil penemuannya tidak akan memuaskan. Para Yaki masih bersembunyi dalam sarangnya yang nyaman.

Maka dari itu, coba lakukan kegiatan ‘Nyare’ bersama warga setempat. Kegiatan ini dilakukan di malam hari ketika para Yaki keluar dari sarangnya. Pengunjung akan bisa menyapa banyak Yaki yang bergelantungan di pepohonan hutan Manado Tua. 

Baca juga:

Dari pembahasan di atas, Pulau Manado Tua terdengar sangat menarik bukan? Bagi pengunjung yang jenuh akan kehidupan perkotaan, wisata ke pulau ini bisa menjadi andalan untuk refreshing. Pemandangan yang indah, dilengkapi dengan kegiatan yang seru, siapa bisa menolak?

 

 

1 thought on “Berwisata Alam ke Pulau Manado dengan Sejuta Keindahannya”

Leave a Comment