Menjajal Keindahan Wisata Terbaru Menggunakan Kereta Wisata

Menjajal kereta wisata bisa memberi pengalaman menarik tersendiri, yang barangkali belum pernah kita rasakan sebelumnya. Kereta Wisata merupakan kereta yang dikelola oleh PT Kereta Api Pariwisata, dan didesain khusus dengan fasilitas mewah dan layanan premium, dan juga termasuk jenis kereta VIP untuk disewakan sesuai permintaan.

Harga kereta wisata memang lebih mahal dibandingkan kereta reguler, tapi fasilitasnya pasti berbandung lurus dengan tarifnya. Untuk perjalanannya, Kereta Wisata dirangkai atau digandengkan dengan kereta api reguler. Artinya, stasiun embarkasi dan pemberhentian mengikuti jadwal kereta reguler biasa.

Menjajal Keindahan Wisata Terbaru Menggunakan kereta wisata

Berikut jenis Kereta Wisata yang ada:

1. Jenis Nusantara

Berkendaraan menggunakan Kereta ini mempunyai desain interior yang menggambarkan seni beraneka pelosok di nusantara.  Kereta Wisata Nusantara mempunyai kapasitas 19 tempat duduk. Kereta ini juga dilengkapi dengan 1 kamar tidur berkapasitas 2 orang, ruang utama dengan karaoke system, ruang serba guna, mini bar, ruang bagasi, dan toilet tertentu.

Baca Juga Wisata Pulau Jawa Lainnya:

Ada juga balkon kaca dengan ventilasi besar yang memungkinkan penumpang untuk melihat pemandangan luar dari arah belakang kereta.

2. Jenis Sumatera

Jenis kereta wisata ini didesain dengan pernak-pernik yang menonjolkan kesenian dari tanah Minang. Kereta Wisata Sumatera berkapasitas 22 tempat duduk. Ruang utama kereta dilengkapi dengan fasilitas seperti karaoke, lalu ruang privatnya dilengkapi dengan audio dan video, untuk menonton film nasional.

3. Jenis Bali

Interior kereta ini kental dengan suasana budaya Bali, dan juga didesain apik dengan ukiran, dan lukisan khas Pulau Dewata. Berkapasitas 20 kursi, Kereta Wisata Bali dilengkapi dengan ruang makan, tempat karaoke dan nonton film, mini bar, ruang bagasi, sampai toilet khusus.

4. Jenis Toraja

Kereta Wisata Toraja, disesuaikan namanya, punyai interior yang kental dengan suasana budaya Toraja, Sulawesi Selatan. Terdapat juga ukiran dan juga lukisan cantik, yang menggambarkan budaya Toraja. Berkapasitas 22 kursi, kereta ini mempunyai fasilitas ruang makan, mini bar, sofa, daerah karoeke dan nonton film, ruang bagasi, dan juga toilet khusus.

5. Jenis Jawa

Kereta Wisata Jawa memiliki desain interior dan segala pernak-pernik, yang menonjolkan seni dan estetika dari budaya Jawa, dan menciptakan situasi tenang seolah berada di rumah. Sama dengan Kereta Wisata Nusantara, kereta ini dilengkapi tempat tidur, ruang makan, ruang karoeke dan nonton film, ruang serba guna, mini bar, ruang bagasi, sampai toilet khusus.

Kamar tidurnya sendiri berkapasitas dua orang yang dilengkapi kaca rias, lampu tidur, dan wastafel.

6. Jenis Imperial

Seri kereta baru yang diberi nama Imperial ini, mempunyai tempat duduk yang bisa direbahkan sampai 135 derajat (Reclining seat), dilengkapi dengan head rest fleksibel, yang bisa sesuai untuk kenyamanan posisi istirahat.

Setiap kursi sudah dilengkapi meja portable. Ada juga power socket di sebelah kursi, dan lampu baca pada atap kursi. Berkapasitas 20 kursi, fasilitas lainnya termasuk ruang makan, ruang keroke dan nonton film, mini bar, ruang bagasi, sampai toilet khusus.

7. Jenis Retro

Kereta Wisata retro didesain khusus bernuansa klasik, sehingga bisa memberi sensasi pengalaman perjalanan yang berbeda, dan unik bagi penumpang.  Mempunyai kapasitas 20 kursi, fasilitas yang ada seperti ruang makan, ruang karoke dan nonton film, ruang serba guna, mini bar, ruang bagasi, dan toilet khusus.

8. Jenis Priority

Priority ini adalah jenis kereta wisata terbaru dengan kapasitas terbesar, yaitu 30 tempat duduk. Di setiap tempat duduk ada LCD TV layar sentuh, yang siap menemani perjalanan penumpang. Tidak hanya itu, KAI Wisata Priority ini juga dilengkapi dengan audio video on demand (Avod), mini bar, ruang karaoke dan juga nonton film, ruang makan, TV layar lebar, bagasi, dan toilet khusus.

Biaya Kereta Wisata

Sebagai informasi, biaya sewa satu kereta ditentukan berdasarkan jarak yang ditempuh. Adapun dari informasi yang diberikan salah satu situs terpercaya, terdapat perbedaan harga Kereta Api Priority, dengan Kereta Wisata Non Priority.

Berikut gambarab harga Kereta Api untuk beberapa rute tertentu:

Jakarta-Cirebon

Kereta Api Priority: Rp 28 juta

Kereta Wisata Non Priority: Rp 26,5 juta

Jakarta-Semarang

Kereta Wisata Priority: Rp 33,5 juta

Kereta Api Non Priority: Rp 32 juta

Jakarta-Yogyakarta

Kereta Api Priority: Rp 35 juta Kereta

Wisata Non Priority: Rp 33,5 juta

Jakarta-Surabaya

Kereta Wisata Priority: Rp 39,5 juta

Kereta Api Non Priority: Rp 37 juta

Jakarta-Malang

Kereta Api Priority: Rp 43 juta

Kereta Wisata Non Priority: Rp 42 juta

Adapun untuk penyewaan satu gerbong Kereta Api dengan biaya itu, bisa diisi paling sedikit satu orang sampai batas maksimal kursi sesuai jenis kereta.  Jadi, jika ingin lebih terjangkau, biaya untuk satu gerbong kereta bisa diisi dengan kapasitas maksimal satu rombongan kanak kanak. Misalnya, rute Jakarta-Malang dengan kereta Imperial seharga Rp 42 juta, diisi oleh 20 orang. Jika dibagi rata, satu orang hanya perlu membayar Rp 2,1 juta.

Rekomendasi kota yang bisa dijadikan wisata memakai kereta

Dan buat kamu yang lagi berencana traveling naik Kereta Api tapi masih bingung mau ke mana, penulis akan memberikan rekomendasi destinasi yang cocok kamu kunjungi dengan naik kereta api!

1. Bandung

Kalau kata orang-orang, Bandung itu tempat healing yang tepat. Mulai dari wisata kuliner, belanja, sejarah, hingga wisata alam, semuanya bisa kamu dapatkan di Bandung. Selama perjalanan, mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan menenangkan.

Jika berangkat dari Jakarta, kereta biasanya akan berhenti di “Kuburan Kereta” yang berisi gerbong kereta bekas di bagian Gudang Stasiun Purwakarta. Atau kalau kamu berangkat dari Malang dan melewati Kediri, ada hamparan pemandangan dari Gunung Sadakeling yang akan memanjakan matamu. Perjalanan jadi makin seru deh!

2. Cirebon

Kalau kamu lagi cari destinasi wisata yang penuh sejarah tapi gak mau pergi jauh-jauh, Cirebon bisa jadi pilihan! Karena kamu hanya butuh 1 jam dari Tegal atau 3 jam dari Jakarta untuk sampai ke Stasiun Cirebon.

Di Cirebon, kamu bisa menemukan beberapa bangunan peninggalan kerajaan masa lalu, seperti Keraton Kasepuhan Cirebon, Keraton Kanoman, Kacirebonan, dan Kaprabonan. Cocok banget nih buat kamu yang suka wisata budaya!

3. Yogyakarta

Dengan perjalanan sekitar 4 jam dari Surabaya atau 7-8 jam dari Jakarta, kamu bisa sampai ke Stasiun Yogyakarta untuk menemukan “jantung” seni dan budaya dari Jawa Tengah. Selama di Yogyakarta, kamu bisa ke Museum Ullen Sentalu untuk tau budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram.

Main ke Rumah Atsiri untuk belajar tentang essential oils, wisata sambil baca buku di Alas Literasi Banjaharjo, atau kalau mau yang agak ekstrem, kamu bisa ikut Lava Tour Merapi untuk melihat sisa-sisa ledakan gunung Merapi.

Baca Juga:

Sebagai informasi, Kereta Api Priority merupakan satu-satunya kereta yang bisa dipesan perseorangan, tidak harus sewa satu gerbong. Dengan harga rata-rata Rp 850.000, kursi ini hanya melayani rute dan jadwal tertentu.

Untuk pemesanan, Kereta Wisata Priority bisa dibeli melalui aplikasi KAI Access. Sementara, penyewaan satu gerbong harus dipesan langsung melalui konter KAI Wisata yang ada di Jakarta, Bandung, Surabaya, atau melalui media sosial KAI Wisata. Semoga informasinya bermanfaat, dan selamat mencoba!

1 thought on “Menjajal Keindahan Wisata Terbaru Menggunakan Kereta Wisata”

Leave a Comment