Wisata Pulau Jawa

Yuk Kenali Wisata Pantai di Semarang dan Sekitarnya yang Wajib Kamu Kunjungi

Apa yang kamu ingat jika mendengar kata Semarang? Tidak cuman Lawang Sewu yang begitu identik dengan cerita mistis, kota ini pasti mempunyai banyak energi tarik yang bisa kamu jelajahi, seperti wisata pantai di Semarang yang sudah diperbaiki dan dijaga keunikannya.

Berwisata pantai juga menjadi wisata andalan para wisatawan asing, hal ini juga disebabkan karena Indonesia sendiri diketahui menjadi negara dengan wisata alamnya yang indah, dan sudah dikenal oleh berbagai penjuru dunia, letak geografis yang menguntungkan dengan kekayaan alam, yuk simak wisata pantai di Semarang yang wajib dikunjungi.

Yuk Kenali Wisata Pantai di Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi

1. Pantai Marina

Pantai Marina ini letaknya benar-benar mudah untuk dicapai oleh turis karena dekat dari pusat kota atau dari bandara. Jarak yang dibutuhkan hanya lebih kurang 15 sampai 30 menit saja. Pantai ini cocok untuk tempat berkumpul bersama  keluarga atau berolahraga dan bermain air dengan anak-anak.

Baca Juga Wisata Pulau Jawa Lainnya:

Kamu bisa menemukan banyak pepohonan yang menjadikan pantai marina ini terasa sejuk meski lokasinya berada di pinggir pantai. Pantai Marina berada di Jalan Yos Sudarso, Semarang. Untuk mengaksesnya, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

2. Pantai Baruna

Pantai Baruna termasuk sebagai wisata baru, pantai ini dulunya merupakan daerah rekreasi yang sekarang sudah tidak ada lagi setelah bangunan dibongkar, pantai Baruna makin terekspose dan keindahan alamnya makin terlihat.

Disana terdapat ilalang yang indah dan batu pemecah ombak yang berjejer di tepi pantai. Meski sekarang pantainya sudah semakin populer, akan tetapi akses menuju pantai ini masih belum baik dan licin ketika musim hujan. Letak Pantai Baruna ini berada di Pelabuhan Mas Tanjung Bringin.

Kamu bisa mengaksesnya lewat jalan masuk arteri pelabuhan-bandara. Nanti setelah perempatan Puri Anjasmoro, kamu bisa menemukan perempatan pertama kemudian belok kiri, sangat mudah sekali untuk sampai ke pantai ini.

3. Pantai Cipta

Pantai di Semarang memang terkenal karena keindahan alamnya. Akan tetapi, untuk pantai yang satu ini, biasanya difungsikan sebagai tempat rekreasi lain. Pantai Cipta memiliki warna coklat dan lautnya yang biru ini, untuk akses menuju ke  pantai Cipta ini masih belum mumpuni akan tetapi beberapa wisatawan juga tetap menyukainya.

Letak pantai berada di belakang terminal peti kemas dan sudah tidak dikondisikan sebagai tempat wisata. Maka dari itu ada sebagian orang yang menyebutnya sebagai pantai peti kemas. Lokasi pantai ini berada di Jalan Kw. Cipta Timur, Bandarharjo. Kamu bisa sangat betah karena situasi yang tenang bisa kamu temukan di Pantai Cipta ini.

4. Pantai Tirang Menco Wedung

Pantai ini berada di Demak yang cara mengaksesnya pun cukup jauh. Agar bisa mencapai ke pantainya yang begitu indah, kamu harus menaiki perahu dan melewati Desa Menco terlebih dahulu. Barulah di sepanjang jalan kamu bisa menikmati pemandangan hutan bakau yang berada di kawasan pantai ini.

Sebelum Kamu tiba di pantai Menco ini Kamu bisa melihat  Air lautnya ini terlihat masih begitu alami, dan terlihat biru. Pantai Tirang Menco Wedung ini lokasinya berada di Desa Menco Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Pantai ini dikenal juga karena banyak digunakan sebagai desa nelayan dan hutan bakau.

5. Pantai Maron

Pantai Maron merupakan pantai yang sudah cukup terpopuler di semarang. Mirip seperti pantai Marina, pantai ini juga terkenal karena akses yang mudah dan dekat. Para wisatawan asing atau mereka yang berkunjung dari luar kota bisa berangkat dari bandara atau dari perumahan Graha Padma.

Lebih-lebih saking populernya, pantai ini makin ramai di hari libur baik oleh turis lokal atau mancanegara. Pantai Maron ini lokasinya berada di Tugu, yang berseberangan dengan pantai Tirang. Jika dari bandara Ahmad Yani, jaraknya kurang lebih 3 km dari jalan raya.

6. Pantai Suwuk Kebumen

Pantai Suwuk Kebumen ini menjadi tempat favorit rakyat khususnya Kebumen, Pantai Suwuk Kebumen ini miliki bibir pantai yang landai dengan pasir kecoklatan. Hal ini karena bibir pantai yang landai dimanfaatkan untuk bermain bola kaki atau bola voli pantai. Apalagi hanya untuk sekedar jalan-jalan di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan pantai.

Juga menjadi hal menarik adanya bangkai pesawat boeing 737 milik dari Garuda Indonesia yang dijadikan sebagai tempat teater dan pelengkap Sarana Dirgantara Suwuk. Lokasi daerah wisata ini berada di Desa Suwuk Kecamatan Puring.

7. Pantai Morosari Sayung Demak

Masih dengan pantai yang mudah diakses dari jalan raya, Pantai Morosari Sayung Demak ini mempunyai pemandangan yang indah. Apalagi ada beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh pantai lainnya seperti hutan mangrove, restoran terapung dan fasilitas mumpuni lainnya.

Untuk lokasinya pantai ini berada di Desa Bedono, Kecamatan Sayung. Tiket masuk pantai ini seharga Rp. 5000, jika ingin menyewa perahu ke hutan mangrove seharga Rp. 15.000. Tidak ada salahnya untuk membawa bekal agar bisa dinikmati selama di perjalanan atau saat tiba di lokasi wisata.

8. Pantai Empu Rancak Jepara

Salah satu pantai yang sudah dikelola dengan baik dan terlihat begitu bersih adalah Pantai Empu Rancak Jepara. Para wisatawan bisa menikmati pemandangan alam dengan nikmati tempat makan seafood yang segar. Kamu juga bisa menikmati hasil laut disesuaikan dengan keinginan apakah dibakar, digoreng atau direbus.

Lokasi dari pantai berada di Karanggondang, Mlonggo. Jaraknya kurang lebih 20 km atau lebih kurang 30 menit dari Jepara. Pantai Empu Rancak Jepara ini sudah cukuplah terkenal karena pemandangan alamnya yang masih terjaga dan bebas dari polusi.

9. Pantai Ngebum Kendal

Wisata pantai yang ada di Semarang berikutnya ini adalah pantai Ngebum Kendal. Pantai ini sudah disertai dengan pemandangan ombak tinggi dan cukup keras, letaknya ada di dekat dermaga dan beberapa kegiatan rakyat lokal terlihat disana. Kamu bisa tiap hari untuk melihat keindahannya yang tersaji di depan mata.

Letak pantai berada di Desa Mororejo, Kendal. Dimana membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit berkendara dari Kota Semarang, harga tiket masuk pantai ini adalah Rp.3000 per orang dan biaya parkir Rp. 2000 per kendaraan.

10. Pantai Cahaya Kendal

Dari namanya saja sudah cantik, ya? Pantai Cahaya ini mempunyai banyak sarana wisata seru. Misalnya saja seperti kebun binatang mini, kolam renang sampai pertunjukan lumba-lumba, destinasi yang cocok untuk dikunjungi bersama dengan dengan keluarga tentunya.

Baca Juga:

Pantai Cahaya berada di Klampok, Kendal dimana para wisatawan bisa datang untuk beraneka macam wisata masakan di sana. Ada keseruan yang tidak bisa Kamu dapatkan di pantai lainnya, untuk Harga tiket masuknya pantai ini adalah Rp. 30.000.

Demikianlah artikel yang mengulas tentang wisata pantai di Semarang dan sekitarnya, semoga bermanfaat.

Admin Markas Travel

View Comments

Share
Published by
Admin Markas Travel
Tags: wisata pantai di Semarang

Recent Posts

  • Sponsor

Promo Spesial Layanan Top Up Games di Vintopup

Markas Travel - mendapatkan amanah untuk membahas Promo Spesial Layanan Top Up Games di Vintopup… Read More

6 months ago
  • Travel Bali

Keindahan Pantai Lepang yang Jarang di Explore Wisatawan

Kamu sering mendengan nama Pantai Lepang? Pasti jarang, karena pantai yang satu ini memang belum… Read More

12 months ago
  • Travel Bali

4 Pesona Alami yang Dimiliki Pantai Karma Kandara

Jika Kamu berwisata ke Pulau Bali, Kamu pasti tidak akan asing dengan pantai-pantai seperti Pantai… Read More

12 months ago
  • Travel Bali

Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi di Pantai Gunung Payung Bali

Pantai Gunung Payung terletak di Kabupaten Badung, sebuah pantai klasik di Bali yang mempesona dengan… Read More

12 months ago
  • Travel Bali

3 Daya Tarik Pantai Mengening yang Mendunia

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata menarik adalah Bali. Seperti yang… Read More

12 months ago
  • Travel Bali

Aktivitas dan Fasilitas yang Ada di Pantai Double Six Seminyak Bali

Meski termasuk ke dalam destinasi wisata baru di Bali, Pantai Double Six Seminyak Bali sudah… Read More

12 months ago

This website uses cookies.