Wisata Pulau Sulawesi

Pantai Tanjung Bira dan Segala Informasi Pentingnya

Wilayah Sulawesi memang menawarkan banyak sekali wisata yang tentunya menarik untuk dikunjungi. Jika ingin berkunjung ke pantai dengan pemandangan epik, maka Pantai Tanjung Bira bisa dijadikan pilihan utama. Kawasan wisata ini memang menawarkan banyak keindahan.

Pengunjung juga bisa menikmati berbagai komponen fasilitas yang sudah disediakan. Namun sebelum datang ke kawasan wisata ini, maka harus tahu dulu berbagai seluk-beluknya. Mulai dari lokasi, biaya, hingga fasilitas yang disediakan. Berikut penjelasannya:

Lokasi Pantai Tanjung Bira dan Komponen Rutenya

Pantai Tanjung Bira terletak di wilayah Bulukumba, Sulawesi Selatan, tepatnya di Jalan Tanjung Bira, Bonto Bahari. Secara tidak langsung, pantai ini ada di wilayah paling ujung selatan dari Sulawesi Selatan. Jika ingin menikmati keindahannya, maka bisa datang ke alamat tersebut.

Jika dilihat dari pusat Kota Makassar, maka pantai ini jaraknya sekitar 200 km. Sedangkan jika ditempuh dengan kendaraan, maka akan memakan komponen waktu sekitar 5 sampai dengan 6 jam. Untuk sampai ke rutenya, tentu ada langkah atau urutan tersendiri.

Apabila berangkat dari Makassar, maka pengunjung bisa melewati Kabupaten Gowa dan Takalar. Jika pengunjung lurus terus, maka nantinya akan tiba di Kabupaten Bantaeng. Setelah itu, pengunjung hanya perlu melanjutkan perjalanan beberapa km saja.

Kendaraan yang dipakai untuk menuju kawasan wisata ini tidak perlu kendaraan khusus. Karena jalan yang dilalui juga bukan medan yang sulit, maka bisa memanfaatkan mobil pribadi. Hal ini tentunya akan memudahkan pengunjung untuk sampai ke kawasan wisatanya. 

Baca juga Wisata Pulau Sulawesi lainnya:

 

Jam Operasional dan Harga Tiket

Lalu bagaimana dengan jam operasional di Pantai Tanjung Bira ini? Pengunjung bisa datang secara langsung ke pantai ini di jam berapa saja. Secara khusus, pantai ini akan selalu buka dan tidak ada waktu pembatasan jam operasional untuk semua pengunjung.

Sedangkan untuk tiket masuknya, harga yang ditawarkan berbeda untuk jenis wisatawan. Jika yang datang adalah wisatawan dalam negeri, maka harus membayar tiket sebesar 10 ribu rupiah. Lalu untuk wisatawan asing, harus membayar sebesar 20 ribu rupiah.

Biaya tiket ini juga akan berbeda untuk hari libur nasional. Biasanya, saat hari libur nasional harga tiketnya naik menjadi 15 sampai dengan 20 ribu rupiah. Kemudian, pengunjung juga harus membayar biaya parkir. Biaya parkir ini akan dibedakan untuk jenis kendaraannya.

Setiap satu kendaraan motor akan dikenai biaya 1.000 rupiah. Sedangkan untuk mobil akan dikenai biaya sebesar 5.000 rupiah. Semua biaya ini adalah biaya dasar jika ingin menikmati keindahan pantainya. Lalu bagaimana jika ingin menikmati wahana lainnya?

Jika pengunjung ingin menikmati pantai dengan menaiki perahu, maka harus menyewa perahu yang ingin dinaiki. Biasanya, biaya sewa perahu mulai dari 300 ribu rupiah. Harga sewa ini juga akan disesuaikan dengan kapasitas perahu yang akan dipakai.

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin bermalam, maka bisa menyewa villa, penginapan, atau resort di sekitar kawasan wisata. Fasilitas yang tersedia di penginapan juga beragam disesuaikan dengan harga. Untuk bisa menikmati pantai ini, maka menginap adalah pilihan paling pas.

Kegiatan yang Bisa Diimplementasikan di Pantai Tanjung Bira

Setelah membahas komponen lokasi dan biaya yang dibutuhkan untuk pergi ke Pantai Tanjung Bira, maka sekarang haru tahu juga tentang kegiatannya. Jika dirinci, ada beberapa jenis kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini secara langsung. Hal ini tentunya akan sangat menarik.

Kegiatan yang bisa diimplementasikan di kawasan wisata ini akan dibedakan menjadi beberapa kategori berbeda. Penasaran apa saja komponen kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu di pantai ini? Simak uraian lengkapnya berikut ini:

1. Menikmati Keindahan Pantai

Kegiatan pertama yang bisa dilakukan di tempat ini adalah menikmati keindahan pantainya. Jika dibandingkan dengan beberapa pantai lainnya, pantai ini memang menghadirkan keindahan yang lebih. Gradasi warna dari komponen air laut di pantai ini sangatlah menarik untuk dilihat.

Perpaduan warna hijau dan biru dalam air laut membuat pengunjung bisa memainkan matanya. Kesan mewah juga muncul dari warna laut ini. Selain itu, perpaduan warna air dan pasir putihnya akan sangat pas untuk dinikmati pengunjung yang datang secara langsung.

Ombak yang ada di pantai ini juga tenang. Dengan adanya ombak yang tenang ini, maka pengunjung bisa merasakan kenyamanan saat melihatnya. Hal ini tentunya sangat menarik untuk dinikmati dan dimanfaatkan untuk mengisi waktu saat liburan.

2. Bermain Pasir

Kegiatan seru lainnya yang bisa diimplementasikan di Pantai Tanjung Bira adalah bermain pasir. Seperti yang sudah diketahui, pasir yang ada di pantai ini berwarna putih. Selain itu, tekstur pasirnya juga lembut dan sangat pas untuk dimainkan menjadi berbagai bentuk.

Anak-anak pasti akan suka dengan kegiatan bermain pasir ini. Selain itu, lokasi untuk bermain pasir juga sangat luas. Aspek ini tentunya akan sangat menarik untuk dimanfaatkan karena pengunjung tidak perlu berebut lokasi untuk memainkan pasirnya.

Karena kelembutan dan luasnya pasir, maka pengunjung sering menyebut pasir layaknya tepung. Hal ini tentunya sudah dibuktikan dengan tekstur pasirnya. Adanya pasir putih yang lembut dan luas ini menjadi salah satu alasan kenapa kawasan wisata ini populer.

3. Menjelajah Pantai dengan Perahu

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah menjelajah pantai dengan perahu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pengunjung bisa menyewa perahu dengan biaya tertentu. Harga yang diberikan juga akan disesuaikan dengan besar perahu dan kapasitasnya.

Sebenarnya, di sekitar pantai ini juga ada beberapa pulau menarik dan cantik. Pengunjung juga bisa menikmati pulau-pulau di sekitar pantai ini dengan memanfaatkan perahu yang ada. Kegiatan ini tentunya akan menarik karena berbeda dengan di daratan.

Pengunjung bisa menikmati setiap keindahan yang ada dengan melihat dari sudut pandang laut. Kegiatan ini tentunya sangat seru untuk dilakukan apalagi jika bersama teman atau keluarga. Apalagi jika cuaca mendukung, maka kegiatan ini akan semakin menarik.

4. Melakukan Snorkeling dan Diving

Rekomendasi kegiatan terakhir yang bisa dilakukan adalah melakukan snorkeling dan diving. Pengelola kawasan wisata ini sudah menyediakan fasilitas tersebut untuk dinikmati pengunjung. Air laut yang jernih tentunya mendukung kegiatan ini untuk dilakukan.

Bagi pengunjung yang takut kedalaman namun ingin snorkeling atau diving, maka tempat ini sangat direkomendasikan. Meski air yang dipakai tidak terlalu dalam, namun ekosistem bawah lautnya masih tetap menarik untuk dinikmati secara langsung.

Ekosistem bawah lautnya juga masih terjaga dengan baik sehingga akan pas untuk dinikmati. Pengunjung bisa menyewa berbagai alat untuk snorkeling dan diving di tempat yang sudah disediakan. Tentunya, akan ada biaya khusus untuk melakukan penyewaan alat ini. 

Baca juga :

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai Pantai Tanjung Bira yang bisa dikunjungi. Mulai dari lokasi, harga masuk, hingga fasilitasnya juga sudah diuraikan secara menyeluruh. Jika sudah mengetahui semua uraian tersebut, maka saat akan berkunjung ke pantai ini pasti sudah siap.

 

 

Admin Markas Travel 3

View Comments

Share
Published by
Admin Markas Travel 3
Tags: pantai tanjung bira

Recent Posts

  • Sponsor

Promo Spesial Layanan Top Up Games di Vintopup

Markas Travel - mendapatkan amanah untuk membahas Promo Spesial Layanan Top Up Games di Vintopup… Read More

6 months ago
  • Travel Bali

Keindahan Pantai Lepang yang Jarang di Explore Wisatawan

Kamu sering mendengan nama Pantai Lepang? Pasti jarang, karena pantai yang satu ini memang belum… Read More

12 months ago
  • Travel Bali

4 Pesona Alami yang Dimiliki Pantai Karma Kandara

Jika Kamu berwisata ke Pulau Bali, Kamu pasti tidak akan asing dengan pantai-pantai seperti Pantai… Read More

12 months ago
  • Travel Bali

Tempat Wisata yang Bisa Dikunjungi di Pantai Gunung Payung Bali

Pantai Gunung Payung terletak di Kabupaten Badung, sebuah pantai klasik di Bali yang mempesona dengan… Read More

12 months ago
  • Travel Bali

3 Daya Tarik Pantai Mengening yang Mendunia

Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata menarik adalah Bali. Seperti yang… Read More

1 year ago
  • Travel Bali

Aktivitas dan Fasilitas yang Ada di Pantai Double Six Seminyak Bali

Meski termasuk ke dalam destinasi wisata baru di Bali, Pantai Double Six Seminyak Bali sudah… Read More

1 year ago

This website uses cookies.